Karburator merupakan bagian yang penting pada sepeda
motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya
sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Karena itu
karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai
dengan kebutuhan mesin pada setiap tingkat penggunaan dan kecepatan
putaran mesin. Untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna dibutuhkan
perbanbingan bensin dan udara dalam percampuran gas, menurut teoritis
adalah 1:15. Artinya 1 gram bensin harus dicampur dengan 15 gram
udara.Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 maka biasanya
dikatakan campuran miskin contoh 1:18. Apabila perbandingan campuran
kurang dari 1:15 maka dikatakan campuran kaya contoh 1:12. Didalam
praktek pada umumnya digunakan campuran kaya, ini untuk mendapatkan daya
mesin yang lebih besar (boros mesin). Dan dengan sebaliknya apabila
menghendaki bahan bakar yang ekonomis maka bisa digunakan campuran
miskin. Untuk campuran miskin ini biasa digunakan pada mesin 4 tak
karena gerakan motor ini tak secepat kerja motor 2 tak.
- Komponen – Komponen Karburator dan Fungsinya
- Mangkok karburator ( float chamber ) Berfungsi untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan.
- Klep / Jarum Pelampung Berfungsi untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator.
- Pelampung ( float ) Berfungsi untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok karburator.
- Skep / Katup Gas Berfungsi untuk mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder.
- Pemancar Jarum ( main jet / needle jet ) Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor di gas besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
- Jarum Skep / Jarum Gas ( jet needle ) Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor di gas.
- Pemancar besar / induk ( main jet ) Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor di gas full ( tinggi ).
- Pemancar kecil / stasioner ( slow jet ). Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu langsam / stationer.
- Sekrup Gas / Baut Gas ( throttle screw ) Berfungsi untuk setelan posisi skep sebelum di gas.
- Skrup udara / baut udara ( air Screw ) Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
- Katup Cuk ( choke valve ) Berfungsi untuk menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya digunakan pada waktu start.
- Tipe Karburator
Type karburator yang digunakan pada mesin motor ada 2 macam yaitu :
o Karburator Arus Data yaitu karburator yang arah masuknya gas kedalam motor dengan arah datar, biasanya banyak digunakan pada motor buatan jepang.
o Karburator Arus Turun Yaitu karburator yang arah masuknya gas kedalam motor dengan arah turun, biasanya banyak digunakan pada motor vespa, Lambretta, Bajaj dan sebagian pada motor jepang type SUZUKI FD 110 XC.
Cara Kerja Karburator
Pada
waktu mesin di hidupkan silinder mengadakan gerak isap maka isapan
tersebut mengisap udara luar masuk ke dalam motor melalui spoeyer/jet,
maka tekanan udara di permukaan jet rendah dan dari dalam spoeyer tadi
memancarkan bensin. Sedangkan pancaran tersebut berupa kabut
bensin/atomisasi yang disebabkan oleh adanya udara yang mengalir melalui
saluran udara ke masing-masing spoeyer. Baik itu merupakan slow jet
atau main jet. Sehingga dengan mudah bercampur udara menjadi gas yang
diperlukan oleh motor dan pencampuran ini disebut venture. Dan inilah
cara kerja karburator pada umumnya baik pada putaran mesin rendah maupun
tinggi.
Tingkat KecepatanTingkat kecepatan terbagi 4 yaitu :
o
Putaran Stasioner (langsam) Posisi handle gas = 0 / lepas gas pada
tingkatan ini bagian yang berpengaruh ialah sekrup udara (air screw) dan
sekrup gas (throttle stop sore), apabila terjadi ketidak normalan
didalam hidupnya mesin maka yang diperlukan di setel hanya dua bagian
ini.
o Putaran Rendah Diatas
stasioner gas = 0 / 1/8. Pada tingkatan ini alat komponen karburator
yang berpengaruh ialah sekrup udara dan coakan pada katup gas atau coak
sekrup (cut away).
o Putaran
Menengah Diatas 1/8 sampai 3/4 gas, dan pada tingkatan ini komponen
yang berpengaruh hanyalah coakan skep dan posisi tinggi jarum skepnya.
o Putaran Tinggi Diatas 3/4 gas sampai dengan full yang berpengaruh pada tingkatan ini hanyalah besarnya lubang main jet
7 komentar:
sianjing
trims, infonya sangat membantu.
terima kasih untuk info postingan blognya, apabila berminat untuk memulai usaha membuka bengkel / membutuhkan peralatan teknik, perkakas bengkel, las, safety Dll bisa hubungi kami
Thanks infony Mas Bro.......!
Thanks infony Mas Bro.......!
Kunjungi JAGO BENGKEL untuk mengetahui pengertian dan cara kerja karburator sepeda motor supra .
Thanks you for nice information.
Please visit Service Motor
Posting Komentar