Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Membuat sendiri charger aki

Hukum ketekoran aki:
Jika aki tekor maka harus dicas.
Jika ngecas biasanya ke tukang cas.
Ke tukang cas bayar ongkos cas.
Lebih baik bikin cas2an sendiri.
Salah satu faktor yang dapat membuat aki jadi tekor adalah rusaknya kiprok ( dioda bridge ), yaitu komponen untuk mengisi arus listrik ketika mesin kendaraan nyala.
Harusnya sebenernya kiprok gini nih…


Nah jika aki sudah terlalu tekor atau mungkin si kiprok sudah tidak mampu lagi bekerja dengan baik, maka kita perlu mengecasnya, namun tidak lagi dengan kiprok, melainkan dengan charger aki.
Biasanya kita akan membawa aki ke tukang cas.
Berikut kerugiannya:
–ribet bongkar2 aki.
–bawanya ribet dan berat.
–kalo gda duit harus ngutang.
–kalo ujan harus berteduh.
–ternyata tukang casnya tempatnya di puncak gunung.
–nah sampe sana tukang casnya ternyata libur karena sedang tahlilan hamsternya yang mati 3 hari kemaren karena ketiban aki, yaaaah… :p
–setelah dicas juga harus pasang lagi, ribet.
Dan berikut fakta keuntungannya:
–kalo yang ngeces ternyata mbak2 cantik, Anda ikut ngeces juga, ces..ces..ces..ngiler mupeng..
*NB (berdasarkan penelitian yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, kejadian ini hanya akan terjadi dalam siklus 1000 tahun 1 kali dengan perbandingan kegagalan:keberhasilan 99 : 1)
Dapat kita lihat dan ambil kesimpulan bahwa keuntungan mengeceskan aki ke orang lain sangatlah minim, bahkan hampir mustahil, belum lagi jika kita melihat paparan fakta tentang kerugiannya…haduh caspeks deks. :(
Udahlah mending kita cas sendiri di rumah.
Caranya?
Buat sendiri charger akinya…
Nih rangkaiannya…

Charger aki ini hanya menggunakan sebuah transformator (trafo) step down 12 volt 5 ampere, kapasitor 2200 mikrofarad 25 volt (makruh hukumnya), amperemeter 5 ampere dan dua dioda 1N4007.
1. Trafo
Carilah trafo step down 12 volt, cara kerjanya adalah menurunkan tegangan PLN 220 Volt menjadi 12 volt. Trafo berfungsi sebagai penyuplai daya listrik untuk mengecas daya listrik aki. Ampere trafo disesuaikan dengan ampere aki.
AMPERE TRAFO SEBAIKNYA 10% DARI AMPERE AKI!
Jadi kalau aki berdaya 12 Volt 50 Ampere, pakailah trafo stepdown yang berdaya 12 volt 5 Ampere.
Sebenarnya bisa2 aja pake ampere yang lebih besar, emang jadi lebih cepet tu ngisi daya akinya, tapi akinya juga lebih cepet rusak.
Oiya, pengecesan dengan daya 10% lebih kecil dari aki dilakukan selama 10 JAM.
2. Dioda
Keluaran (output) trafo adalah arus AC (alternating current) atau arus bolak-balik, sedangkan aki ber arus DC (direct current) atau arus searah. Maka diperlukan komponen elektronik untuk menyearahkan arus AC tersebut, yak yaitu dioda.
Sebenernya dioda ini seperti kiprok pada kendaraan, tapi pada kendaraan dioda yang digunakan adalah dioda bridge (4 dioda), sedangkan disini cukup pake 2 buah dioda yang serinya 1N4001, atau 1N4002, atau 1N 4007 atau lainnya yang memiliki kemapuan diatas ketiga dioda yang disebutkan.
3. Amperemeter
Amperemeter atau ammeter adalah alat ukur arus listrik. Dipasang secara serial pada rangkaian kelistrikan.
Di rangkaian charger aki ini diperlukan amperemeter sebagai indikator “sudah penuh belum ya itu muatan listrik aki??”
Ketika aki belum penuh, pembacaan pada ammeter menunjukkan angka 1-3 A. Jika aki sudah penuh pembacaan ammeter mendekati angka 0 (nol). Pada saat ini, aki harus dicabut dari rangkaian charger.
4. Kapasitor
Penggunaan kapasitor dalam rangkaian charger adalah makruh hukumnya. Mengapa makruh? ya karena tidak wajib, kenapa tidak wajib? karena aki sendiri merupakan kapasitor raksasa.
Ya jadi terserah mau diaplikasikan atau tidak.
Tapi sebaiknya dipasang juga gapapa, itung2 buat perata arus, dan bisa membuat hati tenang, yah kaya jimat aja.
Pasang aja, ga mahal2 amat kok.
Selamat mencobaaa…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

21 komentar:

Fernandez mengatakan...

waduh koclak, eh... kocak gan..
trims infonya gan ,sangat membantu sekali

Anonim mengatakan...

Nice post gan,
Langsung digarap (y)

Unknown mengatakan...

wkwkkw bagus bagus thanks gan :D walau rada ribet wkkwkw

Unknown mengatakan...

gan dioda jembatannya panas gimana solusinya

Unknown mengatakan...

Harusnya diodanya pakai yg 4 bridge biar gpanas gan...

Unknown mengatakan...

Trafonya di ganti kumpran motor bisa gak gan....artinya di pasang buat ganti kiprok... Maksih jawabannya....

Unknown mengatakan...

Gak beli travi....mau ku pasang nok sepeda motor ae...kemungkinan iso juga...gantine kiprok... Hehehehe...

Abati Hawa mengatakan...

tokoone-aceh.blogspot.com/

Abati Hawa mengatakan...

bagus tulisanya, banyak lawak tapi bagus

indra mengatakan...

saran ane sih lebih baek pake dioda dengan ampere lebih besar dari ampere AKI kalo tidak pake dioda bridge yang udah jadi ,,ditoko elektronika banyak,,tinggal kebutuhan amperenya saja

Unknown mengatakan...

Matur Tangkiu gan infonya...
tp apa trafonya harus CT gan???
kalo trafo selain CT bisa gak gan???

Admin mengatakan...

Sex hanya dengan Istri, BOSAN, jenuh
Solusinya, saling tukar pasangan untuk persahabatan sejati
Disini ada cara strategi memulai cari Tukar pasangan sex
mencari yang mau se pasangan tukar istri
disini www.tukar-istri-bersama.blogspot.com

ADANG RIDHA mengatakan...

waduh kacau ngecash accunya pake obat pembesar penis

Anonim mengatakan...

da baa yo amperemeter awak ndak iduik.?

Anonim mengatakan...

mas mau tanya nih,saya udah bikin pale trafo CT 18V/5A,dioda 6 ampere,,dan amper meter, ,untuk sekring pasangnya di ac 220 atau di 0.?
saya pasangnya di ac 220,tapi kenapa ampere meternya tidak bergerak..?apakah salah pemasangan atau karna aki nya udah gk bsa di cas.?
mohon bantuannya

Unknown mengatakan...

netral dari sumbernya di masukin ke mana gan?

Agus santoso mengatakan...

klo aki 5 ampere , chargernya 1 ampere ap cukup gan?

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

buyunklee mengatakan...

Mantab gan, terima kasih infonya
sekarang sy nge chas aki bentor gak lg ke bengkel tp sdh bs nge chas sndiri.
smoga agan jg smakin sukses..

wayan rentanu mengatakan...

http://www.heybali.com/charger-aki/

wayan rentanu mengatakan...

charger aki

Posting Komentar