Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart karburator ke posisi semula dan tempatkan ke manifold dengan baik dan benar…. kalo tidak bisa terjadi kebocoran pada sambungan.
- Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 – 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
- Setel gas untuk putaran 3000 – 5000 rpm
- Hidupkan mesin……bremmm…bremmmm
- Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 – 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 – 2,6 putaran.
- Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian…..(900 -1100 rpm)..
- Lalu cek sekali dua kali untuk di gas…. bremmm…..bremmmm dan setelah posisi idle mesin gak mati …maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
- Kalau masih mati ulangi proses dari pertama biar puas…puas.
- gambar menyusul.
- Semoga bermanfaat.
Pasokan bahan bakar yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab utamanya. Hal ini karena karburator yang kotor menghambat proses di dalamnya. Padahal, untuk bisa menjamin performa mesin yang prima, salah satunya adalah dengan menjamin proses pengabutan di dalam karburator dengan sempurna.
Oleh karena itu, bersihkan bagian ini beserta dengan komponen-komponen pendukungnya secara berkala. Hal lain yang menyebabkan pasokan bahan bakar berlebih adalah penyetelan jarum skep yang terlalu tinggi, klep chock yang macet dan nozzle pilot jet yang tersumbat dan penyetelan sekrup angin yang tidak tepat.
Kotoran secara otomatis akan membuat mesin “pincang” atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Untuk itu perhatikan dengan seksama bagian-bagian tersebut dan pastikan setelannya sudah tepat. Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan knalpot karena kotoran bisa menghambat gas buang dari ruang bakar mesin.
Hal lain yang menyebabkan mesin sepeda motor tersendat adalah busi yang sudah lemah. Kalau sudah begini, tak ada cara lain selain membeli busi baru yang cocok untuk motor. Dalam kondisi darurat, pembeli bisa mengatur jarak antar elektroda sehingga busi bisa memberi asupan listrik yang cukup untuk sementara.
Faktor terakhir yang membuat sepeda motor tersendat saat dikendarai adalah penyetelan pompa oli samping yang tidak tepat, sehingga pelumas yang disuplai ke mesin terlampau banyak. Pergi ke bengkel langganan untuk menyetel ulang pompa oli hingga mendapat ukuran yang pas…jadi selamat mencoba bro,,semoga performance tunggangan anda semakin nyaman dan sesuai yang anda inginkan,,,
Pengen Tahu Kompone Karburator klik Di Sini
Pengen Tau cara Membersihkan Karburator klik Di sini
Pengen Tau Cara Melacak Karburator Banjir dan Solusinya Klik Di Sini
32 komentar:
makasih ya atas ilmunya, sangat bermanfaat
Makasih ilmu nya uda, sy mw tanya klo needle jet goyang (di skep) apa ada pngaruh nya? Makasih :)
Makasih gan ,,artikel nya sungguh bermanfaat gan ,,
Mencoba Berbagi Informasi Mampir sini gan
Wah artikel nya bagus bro,, buat yang lagi nyari karburator masuk bro ke blog kita Jual Aneka Karburator Racing
artikel yang kereeen
3000-5000 rpm itu seberapa mas bro..
muantap mas....
ni ada juga sebagianinformasi otomotifjuga
ijin Share min.. berbagi itu indah.. :D
saya lagi mmpelajari untuk servis karburatior dan setting karburator motor sendiri, amakasih panduannya yang sangat praktis
Halra
alhamdulilah makasih banget gan..bermanfaat banget...
1 Putaran itu 360° ?
info yang ajib ,,, izin copas bro
sharing yang bermanfaat
hanks gan,,, saya belum mahir buat setel karbu gan,, besok saya coba Toko Online Aksesoris motor
thank’s gan ilmu nya dpt smua nih gara2 mampir ke artikel nii hehe
http://cbs-bogor.net/
bermanfaat banget
info lainya
12 Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel
3 komponen penyebab motor mogok
6 Cara mengatasi Baut Dol atau Slek
7 Gejala Kerusakan pada Rem Mobil
Apa perbedaan injeksi dan karburator ?
Arti dan Fungsi Spesifikasi Rantai Pada Sepeda Motor
CARA MEMPERBAIKI AKI BASAH DENGAN MUDAH
CARA MERAWAT MOTOR DI MUSIM HUJAN
CARA TUNE UP MESIN BENSIN
Cara Memasang Klakson Mobil
Cara Menghemat BBM Pada Motor
Cara Mengisi Air Aki
Cara Merawat Head Unit Pada Mobil Anda
Cara Setting Karburator Motor
Download EBOOK Transmisi Otomatis Motor Matic / CVT
Komponen utama penyebab motor mogok
Bermanfaat kang
Bermanfaat kang
Bermanfaat kang
Puyeng gan sudah coba cara di atas bensin tambah boros dan dinding kabulator berembun, ada saran?????
Makasih banyak infonya mas :)
mantap ilmunya gan
izin coppas monggo kunjungi https://catatan-infoonline.blogspot.com/
Wah Boleh di coba nih Gan dan salam kenal everything about fashion
Ada cara yg jitu ya itu ganti baru haaaaaa
info yang bermanfaat gan,, silakan mampir.. https://rodaduakitasemua.blogspot.co.id/
makasih gan buat tipsnya sangat membantu sekali,,
KLG
TESTO ULTRA
PENIRUM
VIMAX
HAMMER OF THOR
Sangat berguna banget.Jangan lupa mampir ke website di http://www.atmaluhur.ac.id saya Dantdy nim 1722500016
Nitip 😆 https://www.kurawa.info/cara-setting-karburator-motor-4-tak/
Posting Komentar