Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

CARA MUDAH SETTING KARBURATOR MOTOR 4 TAK


Sering kali kendaraan sepeda motor kita mengalami gangguan yang rada menjengkelkan kita,,,kita kadang merasa sepeda motor kita terasa berat saat dibawa buwat gas kencang,,kemungkinan kecilnya adalah ada masalah pada karburator sepeda motor kita…untuk itu disini akan dijelaskan cara mudah seting karburator yang murah meriah adalah di seting sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Ombobon akan mencoba menjelaskan proses penyetelan karburator standart yang sangat mudah, tetapi lebih bagus kalau karburator di bersihkan dulu dan filter bensin serta filter udara juga ikutan di bersihkan supaya kotoran atau endapan yang ada didalamnya dapat di buang begitu juga dengan pilot dan main jet ikut bersihkan. Untuk pilot dan main jet kalo bisa di bersihkan dengan carburator cleaner supaya waktu lebih singkat tapi kalo gak punya ya… pake bensin aja ato pake tiner kalo punya.
Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart karburator ke posisi semula  dan tempatkan ke manifold dengan baik dan benar…. kalo tidak bisa terjadi kebocoran pada sambungan.
  1. Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 – 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
  2. Setel gas untuk putaran 3000 – 5000 rpm
  3. Hidupkan mesin……bremmm…bremmmm
  4. Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 – 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 – 2,6 putaran.
  5. Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian…..(900 -1100 rpm)..
  6. Lalu cek sekali dua kali untuk di gas…. bremmm…..bremmmm dan setelah posisi idle mesin gak mati …maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
  7. Kalau masih mati ulangi proses dari pertama biar puas…puas.
  8. gambar menyusul.
  9. Semoga bermanfaat.
Tidak selamanya sepeda motor menunjukkan performa yang baik. Terkadang ada saja masalah yang ditemui. Apalagi kalau si pemilik malas membersihkan. Masalah yang sering timbul salah satunya adalah mesin yang tersendat ketika motor dikendarai. Kalau sudah begini, perasaan waswas kalau motor akan mogok di tengah jalan mungkin langsung menyergap.
Pasokan bahan bakar yang terlalu banyak bisa menjadi  penyebab utamanya. Hal ini karena karburator yang kotor menghambat proses di dalamnya. Padahal, untuk bisa menjamin performa mesin yang prima, salah satunya adalah dengan menjamin proses pengabutan di dalam karburator dengan sempurna.
Oleh karena itu, bersihkan bagian ini beserta dengan komponen-komponen pendukungnya secara berkala. Hal lain yang menyebabkan pasokan bahan bakar berlebih adalah penyetelan jarum skep yang terlalu tinggi, klep chock yang macet dan nozzle pilot jet yang tersumbat dan penyetelan sekrup angin yang tidak tepat.
Kotoran secara otomatis akan membuat mesin “pincang” atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Untuk itu perhatikan dengan seksama bagian-bagian tersebut dan pastikan setelannya sudah tepat. Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan knalpot karena kotoran bisa menghambat gas buang dari ruang bakar mesin.
Hal lain yang menyebabkan mesin sepeda motor tersendat adalah busi yang sudah lemah. Kalau sudah begini, tak ada cara lain selain membeli busi baru yang cocok untuk motor. Dalam kondisi darurat, pembeli bisa mengatur jarak antar elektroda sehingga busi bisa memberi asupan listrik yang cukup untuk sementara.
Faktor terakhir yang membuat sepeda motor tersendat saat dikendarai adalah penyetelan pompa oli samping yang tidak tepat, sehingga pelumas yang disuplai ke mesin terlampau banyak. Pergi ke bengkel langganan untuk menyetel ulang pompa oli hingga mendapat ukuran yang pas…jadi selamat mencoba bro,,semoga performance tunggangan anda semakin nyaman dan sesuai yang anda inginkan,,,

Pengen Tahu Kompone Karburator klik Di Sini
Pengen Tau cara Membersihkan Karburator klik Di sini
Pengen Tau Cara Melacak Karburator Banjir dan Solusinya Klik Di Sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

32 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih ya atas ilmunya, sangat bermanfaat

zibral mengatakan...

Makasih ilmu nya uda, sy mw tanya klo needle jet goyang (di skep) apa ada pngaruh nya? Makasih :)

Unknown mengatakan...

Makasih gan ,,artikel nya sungguh bermanfaat gan ,,

Mencoba Berbagi Informasi Mampir sini gan

Advie mengatakan...

Wah artikel nya bagus bro,, buat yang lagi nyari karburator masuk bro ke blog kita Jual Aneka Karburator Racing

Unknown mengatakan...

artikel yang kereeen

Unknown mengatakan...

3000-5000 rpm itu seberapa mas bro..

Unknown mengatakan...

muantap mas....
ni ada juga sebagianinformasi otomotifjuga

Pebri Setyo mengatakan...

ijin Share min.. berbagi itu indah.. :D

Anonim mengatakan...

saya lagi mmpelajari untuk servis karburatior dan setting karburator motor sendiri, amakasih panduannya yang sangat praktis

Halra

Gunawan mengatakan...

alhamdulilah makasih banget gan..bermanfaat banget...

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

1 Putaran itu 360° ?

Unknown mengatakan...

info yang ajib ,,, izin copas bro

Anonim mengatakan...

sharing yang bermanfaat

Puji Setiawan mengatakan...

hanks gan,,, saya belum mahir buat setel karbu gan,, besok saya coba Toko Online Aksesoris motor

Ferdi mengatakan...

thank’s gan ilmu nya dpt smua nih gara2 mampir ke artikel nii hehe

http://cbs-bogor.net/

Unknown mengatakan...

bermanfaat banget

Widodo mengatakan...

info lainya
12 Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel
3 komponen penyebab motor mogok
6 Cara mengatasi Baut Dol atau Slek
7 Gejala Kerusakan pada Rem Mobil
Apa perbedaan injeksi dan karburator ?
Arti dan Fungsi Spesifikasi Rantai Pada Sepeda Motor
CARA MEMPERBAIKI AKI BASAH DENGAN MUDAH
CARA MERAWAT MOTOR DI MUSIM HUJAN
CARA TUNE UP MESIN BENSIN
Cara Memasang Klakson Mobil
Cara Menghemat BBM Pada Motor
Cara Mengisi Air Aki
Cara Merawat Head Unit Pada Mobil Anda
Cara Setting Karburator Motor
Download EBOOK Transmisi Otomatis Motor Matic / CVT
Komponen utama penyebab motor mogok

Unknown mengatakan...

Bermanfaat kang

Unknown mengatakan...

Bermanfaat kang

Unknown mengatakan...

Bermanfaat kang

Unknown mengatakan...

Puyeng gan sudah coba cara di atas bensin tambah boros dan dinding kabulator berembun, ada saran?????

Yodi triana mengatakan...

Makasih banyak infonya mas :)

Unknown mengatakan...

mantap ilmunya gan

Achmad Chaidar Latief mengatakan...

izin coppas monggo kunjungi https://catatan-infoonline.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

Wah Boleh di coba nih Gan dan salam kenal everything about fashion

Unknown mengatakan...

Ada cara yg jitu ya itu ganti baru haaaaaa

All About Ujang Fery mengatakan...

info yang bermanfaat gan,, silakan mampir.. https://rodaduakitasemua.blogspot.co.id/

NONTON FILM ONLINE mengatakan...

makasih gan buat tipsnya sangat membantu sekali,,

Unknown mengatakan...

KLG
TESTO ULTRA
PENIRUM
VIMAX
HAMMER OF THOR

Unknown mengatakan...

Sangat berguna banget.Jangan lupa mampir ke website di http://www.atmaluhur.ac.id saya Dantdy nim 1722500016

Anonim mengatakan...

Nitip 😆 https://www.kurawa.info/cara-setting-karburator-motor-4-tak/

Posting Komentar